Latar Belakang

Pendirian SEAMEO CECCEP di Indonesia merupakan terobosan besar bagi negara-negara di regional Asia Tenggara dalam hal peningkatan kapasitas dan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Keluarga. Pada tahun pertamanya, SEAMEO CECCEP telah menyusun Rencana Pengembangan Lima Tahun yang dimulai dari tahun 2017 hingga 2021. Beberapa program telah mulai dilaksanakan sejak tahun 2017. Walaupun demikian masih banyak program yang perlu diterjemahkan menjadi kegiatan yang lebih teknis sehingga selaras dengan kebutuhan masyarakat Asia Tenggara. Adapun penyelarasan Rencana Pengembangan Lima Tahun akan terkait dengan pendekatan yang digunakan oleh SEAMEO CECCEP melalui Riset dan Pengembangan, Peningkatan Kapasitas, Advokasi dan Kerjasama, serta  Pengelolaan Informasi.

Rapat Koordinasi Nasional ini dirancang untuk membantu SEAMEO CECCEP dalam mencapai Rencana Pengembangan Lima Tahun di tahun 2021. Untuk itu, perlu data yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Asia Tenggara. Indonesia menjadi negara pertama dari negara anggota lainnya yang memperoleh kesempatan untuk dapat menyelaraskan hal tersebut. Melalui kegiatan Rapat Koordinasi Nasional diyakini dapat diperoleh rancangan program yang mampu mematangkan Rencana Program Pengembangan Lima Tahun SEAMEO CECCEP.

Hasil pertemuan ini diharapkan dapat menjadi bahan pembuatan working paper sebagai landasan dalam penentuan recana pengembangan lima tahun yang akan disahkan oleh governing board dalam The First SEAMEO CECCEP Governing Board Meeting tahun 2018.

 

Tujuan


Rapat Koordinasi Nasional SEAMEO CECCEP bertujuan untuk:

  • Memperoleh masukan yang komprehensif dan operasional dari stake holder mengenai program riset dan pengembangan, pengembangan kapasitas, advokasi dan kerjasama, dan Pengelolaan Informasi (Knowledge Management).

 

CAPAIAN

Kegiatan ini diharapkan mampu memperoleh:

  • Masukan berupa Tema di bidang PAUD dan Parenting:
  • Riset dan Pengembangan (tema penelitian, hasil penelitian, model pembelajaran dan best practices).
  • Program Peningkatan Kapasitas (tema pelatihan, workshop, seminar, konferensi, magang, pertukaran pendidik).
  • Advokasi dan kerjasama (membangun kerjasama penelitian, menyebarluaskan hasil, mengadvokasi hasil penelitian).
  • Manajemen Pengetahuan (publikasi, diseminasi informasi, pembelajaran jarak jauh, pengelolaan materi/bahan ajar).

 

Peserta

Peserta merupakan perwakilan lembaga dan/atau praktisi serta lembaga lain yang tidak terkait langsung di bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Parenting (Pendidikan Keluarga) sejumlah 200 orang dari seluruh Indonesia.

Registrasi

Peserta melakukan registrasi dengan memasukan no surat undangan yang tertera pada bagian atas surat undangan yang kami dikirimkan

Registrasi Sekarang

Lokasi

................

Photo Kegiatan



.

Contact


Ms. Indrias Rosmeifinda
Email: irosmeifinda@seameo-ceccep.org
+6281286441672