Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/seameoce/public_html/web/wp-includes/post-template.php on line 293

Anak Aktif Bergerak Bisa Jadi Miliki Kecerdasan Kinestetik

Sahabat CECCEP, apakah Anda memiliki buah hati yang terlihat tak pernah bisa diam? Apakah buah hati Anda sejak kecil selalu bergerak, bergulingan, melompat, dan lain sebagainya? Apakah sang buah hati juga terlihat terlalu aktif dan selalu ingin melakukan aktivitas fisik? Jangan cemas dulu, Sahabat CECCEP. Buah hati Anda bisa jadi memiliki kecerdasan kinestetik.

Apa Itu Kecerdasan Kinestetik?

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan atau perasaan. Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengelola objek. Buah hati kita cenderung akan tampak menyukai berekspresi dalam mimik atau gaya, atletik, menari, juga kuat dan terampil dalam motorik halus, koordinasi tangan dan mata, motorik kasar dan daya tahan. Di sisi lain, menurut Thomas Armstrong yang merupakan seorang ahli pendidikan dari Amerika, hal ini mengarah kepada kemampuan fisik seperti koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, dan kecepatan.

Sahabat CECCEP bisa mengenali ciri buah hati yang memiliki kecerdasan kinestetik ini. Mereka akan menunjukkan beberapa ciri berikut:

  1. Selalu merasa harus bergerak dan melakukan aktfitas fisik,
  2. Akan mengingat dengan baik apa yang dilakukannya dengan gerakan,
  3. Tampak menonjol atau berbakat dalam aktivitas fisik, dan
  4. Memiliki koordinasi gerakan dan naluri yang bagus terkait ruang dan waktu.

Nah, dengan karakteristiknya yang selalu bergerak, tak heran jika buah hati dengan kecerdasan ini akan cepat bosan jika belajar dilakukan dengan diam dan mendengarkan saja. Ketika masuk usia sekolah, buah hati dengan kecerdasan ini lebih menyukai aktivitas belajar dengan menggunakan objek, melakukan eksperimen, dan tentu saja melakukan berbagai tugas fisik, lho. 

Stimulasi Kecerdasan Kinestetik

Sahabat CECCEP, berdasarkan studi dari Universitas Eastern di Finlandia, buah hati dengan kecerdasan kinestetik memiliki kemampuan membaca dan matematika yang lebih baik. Buah hati dengan kecerdasan ini juga memiliki kebugaran karena aktivitas bergerak yang dilakukan berdampak memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kinerja organ dalam tubuh.

Agar buah hati dapat semakin berkembang kecerdasan kinestetiknya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Tentu saja stimulasi ini disesuaikan dengan usia buah hati ya. Stimulasi ini juga dapat berupa permainan.

Ada beberapa permainan yang sesuai untuk anak-anak dengan kecerdasan kinsetetik. Kita bisa melakukannya bersama buah hati untuk lebih mendekatkan diri dengannya dan tentu saja supaya kecerdasannya ini semakin berkembang

  • Sahabat CECCEP dapat melakukan stimulus dengan mengangkat bayi di kedua ketiaknya. Lalu secara perlahan naik dan turunkan bayi hingga kakinya menyentuh meja atau lantai. Lakukan hal ini secara perlahan dan hati-hati, ya. Sahabat CECCEP juga dapat melakukan permainan bola bersama buah hati. Tentu saja bola yang digunakan adalah bola dengan ukuran besar kemudian berangsur bola yang berukuran kecil. Sesuaikan dengan usia buah hati, ya sahabat CECCEP.
  •  Permainan naik dan turun tangga juga dapat dilakukan, terutama ketika buah hati mulai belajar berjalan. Juga tentu saja jika rumah yang dihuni memiliki tangga yang cukup aman untuk permainan ini. Jika tidak, ajak buah hati untuk bermain di halaman. Letakkan ban bekas atau buatlah lingkaran di tanah/ lantai dan ajak buah hati untuk melompat dari satu lingkaran ke lingkaran yang lain. Seraya menaiki tangga atau melompat, sahabat CECCEP juga bisa mengajak buah hati untuk berhitung atau bernyanyi.
  • Bermain air dapat menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan buat anak, lho, sahabat CECCEP. Beri mereka kesempatan untuk bermain air. Sediakan juga berbagai alat untuk mendukung hal itu, misalnya gelas atau ember plastik yang dapat digunakan untuk menampung air. 
  • Gerak dan lagu menjadi pilihan permainan sekaligus stimulasi kecerdasan kinestetik yang dapat dilakukan di dalam rumah. Sahabat CECCEP dapat mengajak anak untuk memeragakan lagu yang diputar. Bisa juga mengikuti gerakan yang ditampilkan dalam video. Sesekali biarkan buah hati memimpin gerakan dan sahabat CECCEP mengikuti. Mereka pasti akan sangat senang melihat orang tuanya mau mengikuti gerakannya. Dengan melakukan ini, secara tidak langsung sahabat CECCEP dapat melatih keberanian dan kreatifitas buah hati.
  • Beberapa permaian tradisional juga bisa dilakukan untuk menstimulasi kecerdasan kinestetik ini. Bermain egrang dapat menjadi pilihan untuk menstimulasi kecerdasan ini secara individu. Permainan berkelompok seperti menjaga benteng atau gobag sodor juga bisa menjadi pilihan. Selain seru karena dilaksanakan di luar ruangan, pada permainan berkelompok buah hati akan terlatih untuk bekerja sama dan berkomunikasi dengan teman satu timnya. 
  • Jika hari sedang hujan dan permainan ingin dilakukan di dalam rumah, sahabat CECCEP dapat mengajak anak untuk bermain peran. Salah satunya adalah mengajak buah hati untuk bermain penjual dan pembeli. Pada saat inilah buah hati akan belajar berinteraksi dengan orang lain. Tentu tak lupa buah hati kita tersebut tetap bergerak aktif.

Nah, itulah beberapa permainan yang dapat kita lakukan bersama buah hati. Permainan itu tidak hanya sekedar bermain saja tetapi juga menstimulasi kecerdasan kinestetik buah hati kita. Selamat bersenang-senang dengan buah hati yang dianugerahi kecerdasan kinestetik, Sahabat CECCEP.

Referensi:

Rahmah, Siti. 2008. “Teori Kecerdasan Howard Gardner dan Pengembangannya pada Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Anak Usia Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. V, No. 1, p. 89—110.

https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/9-cara-kembangkan-kecerdasan-kinestetik-anak

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/titania-febrianti/ciri-anak-dengan-kecerdasan-kinestetik/1

Spread the word. Share this post!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *