Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/seameoce/public_html/web/wp-includes/post-template.php on line 293

Mari Kenali Kecerdasan Visual Spasial Buah Hati

Tobi sangat suka menggambar. Gambar yang dibuatnya pun sangat detail sehingga siapa saja yang melihat bisa memiliki gambaran akan benda/objek tersebut. Misalnya, ketika ia menggambar seekor kucing. Dalam gambarnya itu, orang tua Tobi bisa melihat gradasi warna kucing. Tak hanya itu, kuku kucing yang tajam mencengkeram bola juga terlihat jelas. Wah, keren sekali, ya? 

Oh iya, pernah tidak Sahabat CECCEP berbicara dengan seorang anak yang tiba-tiba tertawa saat mendengarkan suatu cerita? Tampaknya dia membayangkan sesuatu yang tidak disebutkan dalam cerita, ya? Bisa jadi di kepalanya adegan cerita itu menjadi seperti sebuah film yang seru. Pastinya lucu sekali melihat buah hati yang demikian. 

Apa Itu Kecerdasan Visual Spasial?

Nah, jika buah hati Sahabat CECCEP seperti situasi di atas, maka bisa jadi ia memiliki kecerdasan visual spasial. Sebenarnya apa itu kecerdasan visual spasial? Kecerdasan visual spasial melibatkan kemampuan untuk mengingat gambar dengan detail, visualisasi, dan juga sadar betul akan apa yang terjadi di sekitar. Buah hati yang memiliki kecerdasan ini peka terhadap unsur garis, warna, bentuk, ruang dan hubungannya. Buah hati yang demikian dapat memahami, memproses, dan berfikir dalam bentuk visual, lho, Sahabat CECCEP.  

Sahabat CECCEP, kecerdasan visual spasial tenyata bisa menunjang proses belajar buah hati di sekolah. Salah satunya adalah membantu buah hati memahami dan mengenal posisi benda, arah dan jarak. Buah hati yang memiliki kecerdasan spasial memiliki metode belajar visualisasi berdasarkan penglihatannya.

Ciri Pemilik Kecerdasan Visual Spasial

Sahabat CECCEP, kita dapat menstimulasi kecerdasan visual spasial ini agar berkembang lebih optimal. Namun, sebelum itu, kita perlu mengenali ciri-ciri buah hati yang memiliki kecerdasan ini. 

Buah hati yang memiliki kecerdasan visual spasial ini memiliki ciri berikut: 

  1. Perhatian mereka gampang sekali terdistraksi dengan pola pakaian dan dengan senang hati memberikan pendapat, lalu memperlihatkan ketertarikannya pada pola ini, lho, Sahabat CECCEP,
  2. Mampu memvisualisasikan pikiran dalam bentuk gambar, diagram, dan warna,
  3. Menyukai kegiatan menggambar,
  4. Menyukai seni,
  5. Menyukai membuat layout atau struktur yang kompleks,
  6. Mampu membaca dengan akurat soal matematika,
  7. Menyukai kegiatan menulis dan sangat deskriptif saat menggambarkan suasana, warna, detail pakaian, dan sebagainya,
  8. Kurang menyukai kegiatan mendengarkan dalam waktu yang lama, 
  9. Pada saat pembicaraan berlangsung, buah hati dengan kecerdasan visual spasial ini akan sesekali tertawa sendiri karena membayangkan sesuatu, dan
  10. Tidak tahan belajar terus menerus dengan cara membaca buku yang berwarna hitam putih.

Komponen inti dari kecerdasan ini terletak pada kepekaan pada garis, warna, bentuk, ruang, keseimbangan, bayangan, harmoni, pola dan hubungan antar unsur. Selain itu, kecerdasan ini juga melibatkan kemampuan membayangkan, mempresentasikan ide secara visual dan spasial, dan mengorientasikan diri secara tepat. Hmmm, menarik ya, Sahabat CECCEP.

Stimulasi Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial

Setelah memahami ciri kecerdasan visual spasial ini, saatnya kita mengetahui stimulasi apa saja yang bisa Sahabat CECCEP lakukan. Tentu saja stimulasi ini bertujuan meningkatkan kecerdasan visual spasial ini, ya. Juga jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan usia buah hati kita masing-masing, Sahabat CECCEP. 

Stimulasi yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan ini adalah sebagai berikut:

  • Belajar navigasi.

Sahabat CECCEP dapat memulai permainan ini dengan memperkenalkan konsep kanan dan kiri terlebih dahulu. Setelah buah hati memahaminya, ajak dia untuk berkeliling rumah atau melakukan perjalanan. Nah, Sahabat CECCEP bisa mempersilakan buah hati menavigasi perjalanan itu dengan menyebutkan arah yang akan dituju, misalnya lurus, ke kanan, ataupun ke kiri. Permainan akan menyenangkan jika Sahabat CECCEP menggunakan mainan, misalnya membuat lintasan sederhana dan membiarkan buah hati menjalankan mobil-mobilan atau mainan sejenis sesuai dengan navigasi yang diberikan. Terbayang ‘kan keseruannya?

  • Bermain geometri dasar.

Permainan geometri dasar ini juga bisa sekaligus meningkatkan kecerdasan logika dan matematika bagi buah hati kita. Permainan sederhana yang bisa kita lakukan dengan geometri dasar ini adalah puzzle. Tentu saja Sahabat CECCEP bisa menyesuaikan bentuk dan jumlah puzzle yang akan disusun sesuai dengan usia buah hati, ya. 

  • Belajar pola.

Sambil mengajaknya membaca buku cerita, Sahabat CECCEP bisa meminta buah hati memperhatikan detail gambar yang ada. Misalnya meminta buah hati mengamati gambar rumah yang ada di dalam buku cerita. Ajukan beberapa pertanyaan sehingga buah hati bisa lebih terbantu dalam menyampaikan gagasannya. 

  • Menggambar dan mewarnai.

Kegiatan menggambar dan mewarnai tidak hanya melatih motorik halus buah hati saja, lho, Sahabat CECCEP. Kegiatan ini juga menstimulasi kecerdasan visual spasial buah hati. Jangan lupa memberikan pujian pada hasil menggambar dan mewarnai tersebut, ya. Pada usia tiga tahun, buah hati sudah bisa menggambar beragam bentuk dasar. Pada saat ini, stimulasi yang kita berikan dapat berupa mengajukan pertanyaan terkait bentuk dasar yang dibuatnya. Ajak buah hati menyampaikan gagasan terkait gambar yang akan dibuatnya. Duh, asyiknya kegiatan ini adalah bisa dilakukan di dalam ruangan dan tentu saja meningkatkan kedekatan emosional antara buah hati dan Sahabat CECCEP. 

Semoga paparan kali ini bermanfaat bagi Sahabat CECCEP. Selamat mengenali kecerdasan buah hati dan jangan lupa untuk bermain bersama mereka untuk menstimulasi kecerdasannya. Sampai ketemu lagi di pembahasan selanjutnya, ya, sahabat CECCEP. 

Referensi:

https://www.motherandbaby.co.id/article/2018/8/12/10507/Apa-Artinya-Anak-Memiliki-Kecerdasan-Visual-Spasial

http://usiadinipendidikananak.blogspot.com/p/kecerdasan-visual-spasial-pada-anak.html

Spread the word. Share this post!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *