Perhatikan Lokasi Bermain Anak

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai mainan dan permainan yang sesuai dengan usia anak. Nah, ada satu hal yang juga perlu diperhatikan saat bermain bersama anak, lho, Sahabat CECCEP. Lokasi atau tempat permainan juga menjadi hal penting yang perlu kita perhatikan.

Dunia bermain menjadi dunia yang penuh warna dan menyenangkan bagi anak kita. Hal ini karena, dengan melakukan permainan, anak merasa terhibur dan senang. Kegiatan ini tentu saja berdampak memberikan penyegaran pikiran dari berbagai aktivitas yang menjenuhkan. Para pakar psikologi berpendapat bahwa kegiatan bermain dapat menjadi sarana untuk perkembangan anak. Dengan melakukan permainan, anak terlatih secara fisik, demikian juga dengan kemampuan kognitif dan sosialnya.

Penataan Lingkungan Bermain

Kegiatan bermain sebenarnya juga dapat menjadi aktivitas belajar secara tidak langsung. Dengan demikian, kita perlu memperhatikan penataan lingkungan yang akan digunakan anak untuk bermain. Dalam hal ini, yang perlu diperhatikan bentuk dan ukuran ruang, pola pemasangan lantai, warna dan hiasan dinding, bahan dan ukuran mebeulair, bentuk, warna, ukuran, jumlah, dan bahan berbagai alat main yang digunakan.

Prinsip menata lingkungan yang diaplikasikan pada PAUD ini bisa diadaptasi, ya, Sahabat CECCEP. Memang idealnya kita menyediakan satu lokasi khusus untuk bermain. Tentu saja hal ini tidak menjadi keharusan karena menyesuaikan dengan kondisi dan situasi masing-masing rumah. 

Berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat melakukan penataan lingkungan belajar dan bermain:

  1. Lokasi yang digunakan untuk bermain ditata sehingga dapat menarik minat anak untuk bermain di tempat itu. 
  2. Segala sesuatu yang ada dalam lokasi itu sebaiknya mengandung unsur pembelajaran. 
  3. Aman, nyaman, sehat, dan bebas dari segala sesuatu yang berpotensi membahayakan anak saat bermain.
  4. Penggunaan berbagai macam media termasuk bahan-bahan yang dapat didaur ulang.

Oh, ya, Sahabat CECCEP, lokasi bermain dalam rumah juga perlu memperhatikan alat yang ada dalam ruangan itu ya. Berikut ciri-ciri alat yang aman digunakan atau tersedia di lokasi bermain:

  1. multifungsi,
  2. menarik,
  3. berukuran besar,
  4. awet,
  5. sesuai kebutuhan,
  6. tidak membahayakan anak,
  7. mendorong anak untuk melakukan aktifitas bersama, 
  8. mengembangkan daya fantasi,
  9. mendorong kegiatan positif,
  10. terbuat dari bahan yang murah, mudah didapat, dan dapat didaur ulang.

Lokasi Bermain di Luar Rumah

Kadang kala kita jenuh bermain di dalam rumah saja, ya, Sahabat CECCEP. Sesekali rasanya menyenangkan juga kalau bisa bermain di tempat lain. Lalu bagaimana jika kita ingin mengajak anak bermain di luar rumah? 

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memilih lokasi bermain di luar rumah sebagai berikut:

  • Kebersihan 

Sahabat CECCEP perlu benar-benar memperhatikan kebersihan area bermain di luar rumah ya. terutama jika kita mengajak anak bermain di fasilitas publik. 

  • Lokasi

Lokasi bermain di luar rumah sebaiknya tidak di dekat jalan raya. Perhatikan juga jalur evakuasi, ya, Sahabat CECCEP. Hal ini penting terutama jika kita berada di wilayah rawan bencana. 

  • Standar keamanan

Sahabat CECCEP sebaiknya tetap memperhatikan standar keamanan di lokasi bermain terutama di area publik. Perhatikan apakah ada penjaga keamanan dan berapa jumlahnya. Juga perhatikan apakah ada kotak pertolongan pertama yang disediakan lokasi bermain itu.

  • Jenis permainan

Sahabat CECCEP tetap harus menimbang apakah permainan yang ditawarkan sesuai dengan usia anak atau tidak. Jangan sampai permaianan yang akan dimainkan tersebut malah menyebabkan bahaya karena tidak sesuai dengan usia anak, ya, Sahabat CECCEP.

Jika kita memutuskan untuk pergi ke wahana permainan atau tempat wisata, beberapa hal berikut bisa dipertimbangkan Sahabat CECCEP:

  • Perhatikan batas aman

Sahabat CECCEP perlu memperhatikan batas aman untuk bermain ini. Pastikan juga anak paham batas aman bermainnya. Misalnya permainan ini ada di tempat wisata alam. Pastikan anak tidak melewati batas aman karena mungkin saja ada hewan yang akan mengganggu keselamatan anak kita. 

  • Keamanan alat bermain

Selain jenis permainan harus sesuai dengan usia anak, Sahabat CECCEP perlu memperhatikan keamanan alat main, ya. Misalnya ukuran alat main dan bentuknya. 

  • Keamanan diri

Misalnya Sahabat CECCEP memutuskan untuk mengajak anak bermain sepeda di lapangan kompleks. Sahabat CECCEP bisa memasangkan helm pengaman untuk anak. Jadi, kita melakukan tindakan preventif dengan memperhatikan keselamatan anak.

Demikian beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat menata ruangan bermain anak. Kita juga perlu memperhatikan beberapa hal jika memutuskan bermain di luar rumah seperti di ruang publik. Selamat bermain bersama anak, Sahabat CECCEP.

Referensi:

https://parenting.orami.co.id/magazine/aspek-keamanan-saat-anak-bermain-di-luar-ruangan/

https://www.ibudanbalita.com/artikel/tips-memilih-tempat-bermain-untuk-si-kecil

https://p4tktkplb.kemdikbud.go.id/index.php/pages/sejarah-lembaga/meningkatkan-kreativitas-anak-usia-dini-melalui-berbagai-permainan

https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20181121131603/Cara-Menata-Lingkungan-Bermain-Anak-Usia-Dini

Spread the word. Share this post!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *