Para Stakeholders PAUD dan Pendidikan Keluarga Hadiri Sosialisasi SEAMEO CECCEP di Bandung

SEAMEO adalah Organisasi Para Menteri Pendidikan di Kawasan Asia Tenggara, yang anggotanya adalah seluruh anggota ASEAN dan ditambah Negara Timor Leste. SEAMEO dibentuk tahun 1965, dengan tujuan untuk membangun kerjasama dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
Memperhatikan kesepakatan para Menteri Pendidikan tersebut, masyarakat ASEAN melihat perlunya sebuah regional centre yang menangani bidang pendidikan anak usia dini dan pendidikan keluarga.
Pemerintah Indonesia terpanggil untuk mendirikan SEAMEO Regional Center yang menangani Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Keluarga (SEAMEO Centre for Early Childhood Care Education and Parenting – SEAMEO CECCEP).
Sosialisasi ini dilaksanakan di hotel grand selera bandung (4/10/2017), yang bertujuan untuk memperkenalkan SEAMEO Regional Centre for Early Childhood Care Education and Parenting yang disingkat dengan SEAMEO CECCEP, serta dalam upaya menjalin kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan dengan organisasi mitra PAUD dan Pendidikan Keluarga yang ada di daerah
Ketua Panitia Agus Pranoto Basuki dalam sambutannya mengatakan dalam sosialisasi ini diharapkan akan dapat disampaikan informasi tentang SEAMEO CECCEP, diperolehnya masukan program kegiatan SEAMEO CECCEP, dan terjalinnya hubungan kemitraan yang harmonis dengan seluruh organisasi mitra PAUD dan Pendidikan Keluarga yang ada di daerah
Kegiatan sosialisasi SEAMEO CECCEP juga dilaksanakan di daerah yang terbagi kedalam 4 (empat) regional yaitu: regional Makassar yang telah dilaksanakan dari tanggal 27 sd 29 September 2017 bertempat di hotel Singgasana Makassar, regional Bandung yang dilaksanakan hari ini tanggal 4 sd 6 Oktober 2017, regional Surabaya yang akan dilaksanakan dari tanggal 11 sd 13 Oktober 2017, dan terakhir regional Medan yang akan dilaksanakan dari tanggal 18 sd 20 Oktober 2017. Pungkasnya.
Agus mengungkapkan Untuk mendukung kegiatan sosialisasi ini, Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas akan melaksanakan seminar internasional tentang pendidikan anak usia dini dan pendidikan keluarga yang akan dilaksanakan dari tanggal 14 sd 17 November 2017 bertempat di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Melalui seminar internasional tersebut diharapkan akan menjadi media sosialisasi keberadaan SEAMEO CECCEP di Indonesia maupun di kawasan Asia Tenggara. Kami untuk Sosialisasi SEAMEO CECCEP akan dilaksanakan melalui media massa dan media online.
Dalam kesempatan itu Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Haris Iskandar dalam sambutannya mengatakan SEAMEO CECCEP dibentuk untuk merealisasikan program pertama dari 7 (tujuh) program prioritas SEAMEO, yaitu tercapainya pendidikan universal pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan target anak-anak dari keluarga miskin, anak-anak yang tinggal di pedesaan, etnis yang termarjinalkan, serta anak-anak berkebutuhan khusus.
Dalam mewujudkan visi dan misinya, SEAMEO CECCEP tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dan dukungan seluruh stakeholders PAUD dan Pendidikan Keluarga, utamanya yang berada di Indonesia, keberadaan Centre ini akan menjadi kebanggaan sekaligus tantangan bagi kita semua.
Kebanggaan tersebut akan terwujud apabila seluruh stakeholders PAUD dan Pendidikan Keluarga dapat menjalin kerjasama untuk sama-sama menjadikan SEAMEO CECCEP besar dan berguna bagi bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa di kawasan Asia Tenggara. Tandasnya. ( –Enang Komala– )

Spread the word. Share this post!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *