SEAMEO CECCEP Menjalin Kerja Sama dengan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, Indonesia

SEAMEO CECCEP sebagai lembaga organisasi yang terus berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya, melakukan kerja sama dengan Universitas Tunas Pembangunan. Pada hari Kamis tanggal 11 Juni 2021 direktur SEAMEO CECCEP menandatangani MoU dengan Rektor UTP, Prof. Dr. Ir Tresna Priyana Soemardi SE.MS di Gedung Serbaguna UTP.

Dr. Dwi Priyono, M. Ed selaku direktur SEAMEO CECCEP menyatakan bahwa SEAMEO CECCEP terus melakukan berbagai program dan proyek yang ditujukan bagi pengembangan kapasitas manusia di Asia Tenggara. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan kehidupan yang lebih berkualitas dalam bidang pendidikan anak usia dini dan parenting.

Pendidikan usia dini harus mendapatkan perhatian khusus sehingga perlu suatu usaha yang sistematis dan terorganisir serta penelitian untuk meyakinkan masyarakat, orang tua dan para pengambil keputusan bahwa pendidikan sejak usia dini adalah program yang sangat strategis untuk masa depan bangsa, tutur Dwi.

Prof. Tresna Priyana Soemardi menyatakan bahwa sebagai perguruan tinggi, Universitas Tunas Pembangunan memiliki misi mengembangkan dan menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam memecahkan permasalahan bangsa. Melalui kerja sama ini diharapkan dapat berdampak bagi seluruh elemen perguruan tinggi.

Bagi Rektor UTP, penting melakukan penguatan pendidikan dini secara holistik, di mana anak usia dini perlu diberikan berbagai stimulus mulai dari bidang seni hingga teknologi sehingga para orang tua dapat mengarahkan minat dan bakat anak ketika mereka dewasa nanti. Selain itu, kemampuan literasi pada anak harus diperkuat sejak anak usia dini.

Melalui kerjasama ini, UTP dan SEAMEO CECCEP akan mengimplementasikan kerja sama yang sudah dibentuk pada beberapa bidang. Bidang tersebut diantaranya meliputi pengembangan  kapasitas tenaga pendidik, pelatihan, lokakarya, penelitian, pengembangan dan modul.

Spread the word. Share this post!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *