Pembukaan Blended Training Implementasi Pengembangan PAUD Holistik Integratif (HI) di Empat Kota Indonesia

Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Center for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) melaksanakan kegiatan blended training dengan tema “Implementasi Pengembangan PAUD Holistik Integratif” kegiatan ini berlangsung secara serentak di empat kota yaitu Kota Bogor, Kota Tegal, Kota Serang, dan Kota Cimahi. Total keseluruhan peserta dalam kegiatan tersebut sebanyak 100 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru taman kanak-kanak. Pembukaan pelatihan ini berlangsung pada hari Rabu-Kamis 22-23 September 2021 bertempat di wilayah masing-masing kota yang telah ditunjuk. 

Pelatihan blended training diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme pendidik pada jenjang PAUD. Pelatihan ini dipandu oleh trainer yang sudah terpilih sebelumnya melalui kegiatan Pelatihan Calon Pelatih. Trainer pada pelatihan ini terdiri dari Evin indarini, S.Pd ( Kota Tegal), Dr. HJ. Fauziyyah. S.Ag., M.Pd (Kota Serang), Ibu Siti Nurhayati, M.A (Kota Bogor) dan Ai Ningrum (Kota Cimahi). Di hari pertama peserta dibekali oleh cara penggunaan akses e-training implementasi Pengembangan PAUD HI. Selanjutnya di hari kedua peserta di bekali dengan informasi mengenai tahapan implementasi pengembangan PAUD Holistik Integratif (HI) di satuan pendidikan anak usia dini. 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan yang bersangkutan di masing-masing kota. Turut hadir direktur SEAMEO CECCEP, Dr. Dwi Priyono, M.Ed, kemudian Board of Director (BoD) beserta Kepala divisi dan staff. Di dalam sambutannya direktur menjelaskan bahwa kegiatan blended training ini dapat meningkatkan kapasitas kemampuan guru dalam mengimplementasikan PAUD HI dalam memberikan layanan yang baik. Guru harus memahami kebutuhan esensial, memahami hak pada anak usia dini serta kemampuan bersinergi setiap lembaga untuk memajukan pendidikan anak usia dini dan parenting. 

Kegiatan pelatihan blended training dilaksanakan hingga tanggal 30 Oktober 2021. Kegiatan ini terdiri dari 4 pertemuan tatap muka yang berupa pembukaan dan penutupan serta 2 kali short course. Kegiatan Short course berupa penguatan tentang evaluasi diri dan cara membangun jejaring. Sesi pelatihan ini terdiri dari teknik pendampingan (mentoring) berupa teknik dalam memberi masukan nyata (pragmatic advice), pemberian bantuan yang berkelanjutan bagi peserta yang sedang dalam proses belajar menerapkan PAUD HI di satuannya, dan Penguasaan Learning Management System (LMS) Blended Training SEAMEO CECCEP.

Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta diharapkan memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan PAUD Holistik Integratif. Peserta juga mendapat pengetahuan dan pengertian yang tepat mengenai PAUD HI baik dalam  praktik dan teknik implementasi PAUD HI di satuan PAUD. Selanjutnya peserta akan memiliki kemampuan berkomunikasi dan mentoring mengenai pelayanan dalam pelatihan untuk membantu guru atau pendidik PAUD dalam mengembangkan kapasitasnya dalam hal sosialisasi informasi PAUD HI, tahapan pengimplementasian strategi perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dan dampaknya terhadap proses pembelajaran terutama bagi peserta didik di Satuan PAUD. 

Spread the word. Share this post!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *