SEAMEO CECCEP Menyelenggarakan Governing Board Meeting yang Ke-4

Southeast Asian Ministers of Education Organization Center for  Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) menyelenggarakan Governing Board Meeting (GBM) keempat pada tanggal 15 Oktober 2021 di Hotel Grand Mercure, Bandung. Dilaksanakan secara campuran antara online dan offline, acara ini dihadiri oleh perwakilan dari 11 negara anggota SEAMEO yang sekaligus sebagai anggota dewan penasihat atau Governing Board Member SEAMEO CECCEP dan beberapa delegasi dari berbagai pemangku kepentingan lainnya. Direktur SEAMEO CECCEP Dr. Dwi Priyono, M.Ed menyambut dengan baik dan mengucapkan banyak terimakasih.

“Rapat pengurus ini merupakan wadah silaturahmi antara SEAMEO CECCEP, pengurus, serta para mitra terkait untuk meminta persetujuan serta menginformasikan kepada seluruh peserta program SEAMEO CECCEP tahun anggaran terakhir 2020/2021 dan program-program baru yang diusulkan oleh SEAMEO CECCEP untuk dilaksanakan di tahun mendatang”, Tutur Dwi. Ia menjelaskan, selama tahun 2021, situasi COVID-19 menjadi salah satu kendala utama bagi SEAMEO CECCEP untuk menjalankan program-program tersebut. Namun, situasi ini tidak menghentikan kami untuk melanjutkan pekerjaan SEAMEO CECCEP melalui fungsi inti kami, yaitu Penelitian dan Pengembangan, Peningkatan Kapasitas, serta Advokasi dan Kemitraan. Ditambahkannya, selama beberapa bulan ini, SEAMEO CECCEP telah melakukan beberapa program baik yang berbasis nasional maupun regional di bidang PAUD dan Parenting. 

Sebagai contoh, SEAMEO CECCEP telah melaksanakan beberapa pelatihan regional online yang melibatkan peserta dari Kamboja, Filipina, Vietnam. Pada bulan September, SEAMEO CECCEP juga menyelenggarakan Forum Regional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pengasuhan Anak Tahunan yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan PAUD dan Parenting, akademisi, praktisi, dan LSM untuk berbagi pengetahuan baru, kebijakan, dan praktik terbaik PAUD dan Pengasuhan. Forum ini juga menjadi momentum bagi para peserta untuk menyepakati pembentukan Asosiasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Parenting. Beberapa Anggota Dewan Pengurus juga terlibat aktif baik sebagai pembicara maupun peserta dalam forum regional tersebut.

Dr. Ethel Agnes P. Valenzuela, Direktur SEAMEO Secretariat, mengatakan bahwa di masa yang sangat menantang ini, SEAMEO CECCEP adalah salah satu center yang benar-benar bangkit dalam situasi ini. Dr. Ethel menyampaikan rasa terima kasihnya kepada direktur CECCEP atas kerja kerasnya dalam situasi pandemi baru-baru ini. CECCEP berfokus pada poin keempat SDG’s yang sama dengan SEAMEO Center.

Kemudian Dr. Anang Ristanto selaku Kepala Biro Kemitraan dan Humas, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia menyatakan bahwa Pertemuan ini memberikan nilai dan arti penting bagi kemajuan SEAMEO CECCEP untuk tahun depan.  “Pertemuan ini memberikan nilai dan arti penting, pada program-program pusat, pemerintah Indonesia dengan senang hati mendukung kontribusi ini untuk Asia Tenggara dalam mendukung pendidikan anak usia dini dan parenting. SEAMEO CECCEP merupakan bagian dari dukungan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dalam upaya mengembangkan pendidikan anak usia dini dan parenting. 

Governing Board Meeting adalah momen penting untuk meningkatkan center untuk tahun anggaran berikutnya. Saran dan bimbingan dari anggota GB sangat penting. Kita percaya bahwa pertemuan ini akan berkontribusi pada tahun berikutnya. Pada tahun 2017 CECCEP telah membentuk dan bergabung dengan kesepakatan dewan SEAMEO. Keistimewaan CECCEP adalah mengembangkan ECCE and parenting yang artinya pemerintah Indonesia selaku tuan rumah CECCEP telah berkomitmen untuk mendukung  SEAMEO CECCEP karena merupakan bagian dari pembangunan negara ini.



Spread the word. Share this post!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *